Kepemimpinan


Kepemimpinan, banyak yang sering mengucapkan kata ini namun tak banyak yang dapat memaknainya. Namun itu merupakan hal yang wajar dikarenakan defenisi kepemimpinan tiap orang berbeda-beda. Bagi saya sendiri kepemimpinan merupakan suatu suatu cara/proses seseorang untuk mempengaruhi yang lain (kelompoknya) dalam mewujudkan tujuan bersama. Dikutip dari wikipedia, kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Kepemimpinan yang pernah saya alami yaitu sewaktu saya menjadi ketua kelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran saya. Masih teringat jelas dalam ingatan saya, waktu itu kami sedang mengerjakan tugas IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dimana kami diberi tugas untuk membuat peta Indonesia. Sebagai ketua kelompok, saya membagi tugas bagi tiap anggota kelompok dalam membuat peta tersebut. Ada yang bertugas untuk menjiplak, mewarnai, dan memberi nama dari tiap kota yang terdapat pada peta tersebut. Saya sendiri ikut bertugas dalam mewarnai tiap bagian dari peta tersebut. Singkat secita, ketiga tugasnya selesai dan telah dikumpulkan, guru saya mengumumkan bahwa hasil kerja kelompok kami yang menurut beliau paling baik diantara kelompok yang lain. Penilainnya sendiri dilihat dari segi kerapihan dan kemiripannya dengan peta yang asli. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya bisa menjadi seorang ketua dan memimpin kelompok saya yang pada akhirnya menjadi kelompok terbaik. Ini ceritaku, mana ceritamu..  

Komentar

Postingan Populer